Teknik Industri adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan dan analisis keuangan serta kajian manajerial menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi industri seperti penelitian dasar, penelitian operasional, pengembangan terhadap suatu produk baru melalui rekayasa industri, desain produk, perancangan sistem kerja dan ergonomi, perawatan mesin, pengendalian kualitas dan mutu, otomasi sistem produksi hingga pada analisa kelayakan pabrik yang mencakup pula kajian manajemen secara komprehensif dan aplikatif.

Mata kuliah ini dimaksudkan supaya mahasiswa memiliki penguasaan konsep-konsep dasar matematika yang akan digunakan dalam konsep-konsep matematika lanjutan dan mampumelakukan penalaran secara logis sebagai bekal dalam membuktikan konsep-konsep matematika secara deduktif

Proyek ortogonal sistem Amerika, Eropa. Melukis bangunan geometris dasar. Proyeksi titik, garis bidang datar. Bidang-bidang bantu (bidang rebahan). Proyeksi benda. Perpotongan bidang dan bidang. Pertembusan garis dan bidang, garis dan benda. Perpotongan benda dan bidang. Proyeksi putar: titik, garis, bidang, benda. aturan dasar memberi ukuran, cara-cara memberi ukuran, toleransi linier, toleransi sudut, dan toleransi geometris.